Masalah bootloop di android itu wajar karena hp yang setiap hari kita pakai untuk aktifitas sehari – hari maksud dari bootloop itu sendiri adalah suatu proses booting berulang,

bisa dikarenakan ada file sistem yang hilang atau kapasitas kosong RAM yang sedikit sekali, sehingga smartphone tidak mampu ke tampilan awal/menu utama.

Sehingga anda tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya stuck pada logo oppo atau logo lainnya karena kegagalan sistem atau proses dilatar belakang sudah penuh bisa menjadi penyebab dari yang namanya bootloop ini.

Bootloop tidak hanya terjadi pada smartphone Oppo saja, bisa terjadi pada merk smartphone  lainnya juga. Pada kasus ini bagi yang belum tahu cara nya pasti langsung di bawa ke tempat service dan mengeluarkan badged yang cukup menguras dompet. Nah, melalui tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam mengatasi oppo joy bootloop.

Mungkin cara lain ada ya, dalam mengatasi bootloop oppo joy ini dengan menggunakan PC, tapi tentunya persiapan bahannya terlalu ribet, harus ada PC nya terus ada softwarenya seperti flashtool, kalo samsung mungkin harus ada Odin, untuk membantu flashing tersebut.

Penyebab handphone android bootloop sendiri bermacam-macam contohnya seperti kegagalan system, akibat kesalahan pada saat proses rooting hh anda.

 

Entah itu kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system Ui dan yang lainnya

Salah satu cara Cara mengatasi hp oppo bootloop dengan flasing cara Stock ROM Firmware Android

Apasih Manfaat dari Flashing Stock ROM Firmware Android.?

 

Manfaat Flashing Stock ROM Firmware Android:

  1. Flashing Stock ROM Firmware bisa digunakan untuk downgradeponsel Anda jika tidak menginginkan update baru.
  2. Flashing Stock ROM Firmware bisa digunakan untuk Upgrade ponsel Anda.
  3. Flashing Stock ROM Firmware bisa digunakan untuk memperbaiki masalah bootloop.
  4. Flashing Stock ROM Firmware bisa digunakan untuk Unroot, bila ponsel Anda sebelumnya sudah di root.
  5. Flashing Stock ROM Firmware akan membantu Anda mengembalikan pada keadaan awal atau pengaturan pabrik sehingga berbagai kesalahan atau eror akibat salah pengaturan bisa diperbaiki.

Ada 3 kasus bootloop android yang mungkin terjadi di anataranya yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.

Light Bootloop Android
Permasalahan ini terjadi biasanya karena anda mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode, dan akibat dari light bootloop hanya bersifat sementara seperti blank screen.
Cara Mengatasi : Silahkan restart handphone anda terlebih dahulu, jika masih ada keanehan silahkan matikan dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan lagi.

 

Medium Bootloop Android
Hal ini sering terjadi karena anda mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya.
Cara Mengatasi : Sebaiknya sebelum mengutak-atik apapun yang ada dalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup agar nanti bisa direstore jika terjadi masalah.

 

Hard Bootloop Android
Masalah ini adalah yang paling parah, dimana anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.
Cara Mengatasi : Silahkan lakukan Factory Reset (baca disini), jika anda ragu-ragu silahkan bawa ke service center merk hp tersebut.

 

Jika terjadi permasalahan pada smartphone android anda jangan terburu-buru bawa ke service, cari tau dulu masalahnya di google atau bertanya pada teman baru kemudian bertindak.Semoga cara mengatasi hp oppo bootloop bermanfaat untuk yang membutuhkannya sekian dan terima kasih.

Panduan Cara Mengatasi Hp Oppo Bootloop Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *